Home » » Topik » sportainment , tinju , India Open Superseries 2013 , MotoGP 2013 , Selasa, 30 April 2013 - 08:16:41

Topik » sportainment , tinju , India Open Superseries 2013 , MotoGP 2013 , Selasa, 30 April 2013 - 08:16:41

Pembalap MotoGP saat akan melakukan start pada musim lalu (Foto: Ist)
Pembalap MotoGP saat akan melakukan start pada musim lalu (Foto: Ist)
GENDERANG perang MotoGP 2013 akan resmi ditabuh mulai akhir pekan ini. Sebanyak 13 tim, 24 pembalap dan 6 diantaranya debutan tim siap bersaing untuk memperebutkan mahkota juara dunia.

Sirkuit Losail di Qatar akan jadi medan tempur perdana. Balapan yang akan berlangsung malam hari itu sedikit banyak akan memberi gambaran terkait persaingan juara musim ini.

Seperti beberapa musim sebelumnya, Yamaha Factory Racing dan Repsol Honda berada di urutan teratas sebagai kandidat juara musim ini. Penampilan stabil yang ditampilkan kedua tim selama beberapa tahun terakhir, menjadi rujukan.

Meski demikian, tim-tim seperti Ducati, Monster Yamaha Tech3, LCR Honda, Gresini Honda dan Pramac Racing juga siap meramaikan persaingan. Ini belum termasuk tim-tim CRT macam Paul Electronics Aspar,NGM Mobile Forward Racing dan Paul Bird Motorsports yang tak ingin hanya sebagai pelengkap.

Dari sisi pembalap, persaingan sengit diprediksi akan kembali melibatkan dua tim yakni Yamaha dan Honda. Jorge Lorenzo yang menyandang predikat juara bertahan akan mendapat saingan dari rekan baru -tapi lama- Valentino Rossi yang kini kembali ke pelukan Yamaha. Indikasi The Doctor bakal tampil kompetitif sudah terlihat pada sesi pramusim.

Dari kubu Repsol, Dani Pedrosa yang tampil brilian di paruh kedua musim lalu akan jadi penantang serius. Pembalap Spanyol ini pastinya tak ingin kembali gagal merebut mahkota juara dunia perdananya.

Sementara itu, rekan setimnya Marc Marquez juga patut diperhitungkan. Juara dunia Moto2 ini sudah mengisyaratkan siap membuat kajutan dalam debutnya dengan penampilan konsisten sepanjang pramusim. Marquez diprediksi mampu menutupi hilangnya sosok Casey Stoner (pensiun) untuk membantu tim meraih gelar juara (baik konstruktor maupun pembalap).

Kubu Ducati yang dalam beberapa musim terakhir tampil jeblok, juga tidak bisa diremehkan. Tim pabrikan Italia itu kini punya sosok pembalap yang cukup potensial dalam diri Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso yang cukup bersinar bersama Repsol Honda dan Yamaha Tech3 di dua musim ke belakang.

Selain nama-nama di atas, sejumlah kuda hitam macam Stefan Bradl, Ben Spies, Cal Crutchlow dan Andrea Iannone dipastikan berambisi membalikkan prediksi.

Gelaran MotoGP kali ini akan lebih menarik dengan diterapkannya sejumlah regulasi baru, seperti perubahan format kualifikasi dan pemberlakuan sistem penalti poin.

Berikut Susunan Tim & Pembalap MotoGP 2013:

YAMAHA FACTORY

99. Jorge Lorenzo (SPA)
46.Valentino Rossi (ITA)

REPSOL HONDA

26. Dani Pedrosa (SPA)
Marc Marquez (SPA)*

DUCATI TEAM

69. Nicky Hayden (USA)
Andrea Dovizioso (ITA)

MONSTER YAMAHA TECH 3

35. Cal Crutchlow (GBR)
38. Bradley Smith (GBR)

PRAMAC DUCATI11. Ben Spies (USA)
29. Andrea Iannone (ITA)

GRESINI HONDA19. Alvaro Bautista (SPA)
67. Bryan Staring (AUS)

LCR HONDA6. Stefan Bradl (GER)

CARDION AB17. Karel Abraham (CZE)

FORWARD RACING (FTR KAWASAKI)5. Colin Edwards (AS)
71. Claudio Corti (ITA)

POWER ELECTRONICS ASPAR (ART)14. Randy De Puniet (FRA)
41. Aleix Espargaro (SPA)

AVINTIA BLUSENS (FTR-KAWASAKI)7. Hiroshi Aoyama (JAP)
8. Hector Barbera (SPA)

IODA RACING (SUTER-BMW)9. Danilo Petrucci (ITA)
52. Lukas Pesek (CZEC)

PAUL BIRD MOTORSPORT (PBM-APRILIA)68. Yonny Hernandez (COL)
70. Michael Laverty (GBR) (acf)                                                     
                                                                 narasumber http://sports.okezone.com

0 komentar:

Post a Comment