Home » » APEC Menteri Perdagangan untuk Tahan Pertemuan Tahunan di Surabaya

APEC Menteri Perdagangan untuk Tahan Pertemuan Tahunan di Surabaya

Add caption
JCN)Pertemuan para menteri yang bertanggung jawab untuk perdagangan (MRT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 20-21 2013, seorang pejabat mengatakan perdagangan Indonesia di Jakarta, Jumat.
"Delegasi Indonesia akan dipimpin oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, yang juga akan berfungsi sebagai ketua sssembly selama pertemuan dua hari," kata Arlinda Imbang Jaya, kepala pusat hubungan masyarakat Departemen Perdagangan Indonesia itu.
Imbang Jaya menambahkan pertemuan MRT ini didahului dengan serangkaian pertemuan pada tingkat sub-forum dan kelompok kerja sejak April 7 2013, yang kemudian diringkas dalam pertemuan Komite Perdagangan dan Investasi, Komite Ekonomi dan Sub-Komite.
Berbicara dalam media briefing, Arlinda Jaya mengatakan hasil pertemuan preceeding telah dilaporkan ke pertemuan pejabat senior (SOM) yang dibungkus pada hari Jumat, dipimpin oleh Yuri O. Thamrin, ketua APEC SOM delegasi Indonesia.
Imbang Jaya mencatat bahwa Iman Pambagyo, Indonesia Departemen Direktur Perdagangan Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional, memimpin diskusi mengenai topik yang lebih teknis, termasuk masalah konektivitas pada perdagangan dan investasi, pembangunan infrastruktur dan subsidi pertanian.
Delegasi dari 19 dari 21 negara anggota APEC sudah di Surabaya adalah Vietnam, Hong Kong, Korea Selatan, Singapura, Filipina, Thailand, Jepang, Brunei Darussalam, Chili, Cina Taipei, Cina, Meksiko, Malaysia, Kanada, Rusia, Amerika Serikat, Selandia Baru dan Australia.
"Perwakilan dari empat organisasi yaitu ASEAN, WTO, Pacific Economic Cooperation Council (PECC) dan sekretariat APEC juga diharapkan untuk menghadiri pertemuan Surabaya," Imbang Jaya menunjukkan.
Mereka termasuk Menteri Vietnam Perindustrian dan Perdagangan Vu Huy Hoang, Menteri Korea Selatan Menteri Perdagangan, Industri dan Energi Sang-Yoon Jick dan Singapura untuk Perdagangan dan Industri Lim Hng Kiang.
Menteri lainnya menghadiri pertemuan tersebut adalah Menteri Thailand Perdagangan Piramol Charoenpao, Menteri Jepang Ekonomi, Perdagangan dan Industri Toshimmitsu Motegi, Wakil Menteri Perdagangan Chile Alvaro Jana, Menteri Perdagangan China Gao Hucheng.
Juga, Menteri Meksiko Ekonomi Ildefonso Guajardo Villareal, Menteri Kanada Perdagangan Internasional Edward Daniel Cepat, Deputi Menteri Rusia Pembangunan Ekonomi Alexey Likhachev, Menteri Selandia Baru Perdagangan Tim Groser dan Menteri Australia Perdagangan dan Daya Saing Craig Emerson.
APEC merupakan forum untuk 21 Pacific Rim economiesd berusaha untuk mempromosikan perdagangan bebas dan kerjasama ekonomi di seluruh wilayah Asia-Pasifik. Ini didirikan pada tahun 1989 sebagai tanggapan terhadap bertumbuhnya saling ketergantungan antara ekonomi Asia-Pasifik dan munculnya blok-blok perdagangan regional di bagian lain dunia.
Pertemuan kedua pemimpin ekonomi APEC Meeting (AELM) diselenggarakan di Bogor, Indonesia, pada tanggal 15 November 1994, ketika para pemimpin mengambil kesempatan ini untuk bertukar pandangan di mana perekonomian daerah harus pergi selama 25 tahun ke depan, berdasarkan Bogor Goals.
The 'Bogor Goals' perdagangan bebas dan terbuka dan investasi di Asia-Pasifik pada tahun 2010 untuk ekonomi maju dan 2020 untuk negara-negara berkembang yang dibayangkan oleh para pemimpin dalam visi mereka tentang keadaan ekonomi dan perdagangan di kawasan ini dengan kerangka waktu ini .
Silahkan hubungi:
Bambang PurwantoWakil Pemimpin RedaksiANTARA News Agency

0 komentar:

Post a Comment